Sunday, May 29, 2016

Tanaman Herbal : BAHAYA dan MANFAAT Pare yang jarang di ketahui.

Pada kesempatan ini, saya ingin membahas tentang sejenis sayuran yang sering dikonsumsi orang indonesia sebagai lauk, namun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu Pare. Dengan rasanya yang pahit, sangat menjadi ciri khas dari sayuran yang juga bisa di sebut Tanaman Obat ini.
Disamping itu, akan di bahas juga beberapa hal yang harus di perhatikan dari BAHAYA Pare.



     Pare sangat mudah di dapatkan di Indonesia, menjadikannya lauk favorite beberapa kelompok. Dan sering juga pare di pakai sebagai Therapy obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan dalam pare :
- Vitamin A, C, dan B1,                  - Zat Besi,
- Protein,                                         -  Kalsium,
- Lemak,                                         -  Posfor,
- Karbohidrat,                                 - Serat,
- Energi,                                          - Air,
- Kalsium                                        - Dan lain-lain.


  • Salah satu manfaat dari Pare adalah untuk penyembuhan Diabetes.
Dikarenakan Pare memiliki zat yang bernama Peptida, yaitu senyawa yang setara dengan insulin di dalam tubuh.
Penyakit diabetes dikarenakan pankreas yang sulit memproduksi insulin, yang berfungsi mengolah gula menjadi energi untuk tubuh dan menyebabkan gula dalam tubuh berlebihan.
Dengan mengkonsumsi Pare secara benar, dipercaya dapat menyembuhkan penyakit Diabetes.

Cara mengkonsumsi Pare :
1. Cara paling mudah dengan memasaknya dan menjadikan sayur lauk untuk keseharian. Namun jangan lupa, tidak boleh terlalu lama di masak karena dapat membuang zat penting dalam Pare.


2. Blender pare dicampur dengan air, lalu di peras dan hanya di ambil airnya saja. Air dari pare tersebut di panaskan dengan api besar selama 20menit, dan biarkan dingin. Lalu di minum rutin setiap hari. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari pare tersebut untuk Therapy Diabetes.


*Wajib diperhatikan : Dilarang mengkonsumsi air pare bersamaan dengan obat diabetes / obat penurunan gula darah. Karena akan menurunkan gula darah secara drastis dan menyebabkan tubuh menjadi lemas*


  • Bahaya Pare untuk Ibu Hamil :
 Perlu diperhatikan untuk ibu hamil dilarang mengkonsumsi pare dalam jumlah banyak, karena mengandung zat-zat yang membahayakan untuk janin dan ibu hamil.
1. Memicu keguguran,
2. Melahirkan premature,
3. Alergi,
4. Masalah pencernaan.

  • Manfaat bagi ibu yang menyusui :
Pare sangat bermanfaat untuk meningkatkan Produksi Asi.
Caranya sangat mudah, yaitu dengan memblender Pare menjadi jus, dan bisa juga di campur dengan buah-buahan lain. Bisa juga di masak dan di konsumsi seperti lauk biasa.


  •  Manfaat lainnya :
Di karenakan mengandung antioksidan yang tinggi, Pare dapat digunakan untuk mencegah kanker dan memperkuat daya tahan tubuh sehingga jauh dari penyakit. Pare juga sering digunakan untuk mengobati masalah pernafasan seperti asma. Selain itu, Pare juga sangat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, alias menjadi Detox yang sangat baik dan alami.



 Demi menjaga kesehatan, disarankan secara rutin mengkonsumsi Pare sebagai lauk. Meskipun pahit, tapi Pare terbukti memiliki khasiat yang luar biasa. Namun jangan lupa pantangan-pantangan di atas yah.

Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment