Sunday, June 19, 2016

Asam Urat : Kenali Penyebab, Gejala, Dan Cara Penyembuhan!

Asam urat adalah penyakit persendian yang mayoritas dialami oleh kalangan usia 40an keatas. Namun juga ada beberapa kasus terjadi pada usia 20-30an.





  • Gejala Asam Urat
Asam urat berdampak rasa sakit pada persendian, bahkan sampai pembengkakan. Pada awalnya adalah sering kesemutan dan nyeri. Dan kebanyakan terjadi pada pagi hari dan malam hari.
Nyeri yang di rasakan adalah persendian seperti persendian jari tangan, pergelangan tangan, kaki, lutut, pundah, leher, dan lainnya.



  • Penyebab Asam Urat
Gampang mengetahui rasa nyeri pada sendi, namun hanya sedikit yang peduli pada penyebabnya.
Pada umumnya, penyebab asam urat adalah Zat Purin yang tertumpuk banyak pada tubuh. Dalam jumlah normal, zat purin tidak berbahaya dan dapat dikeluarkan oleh ginjal. Namun jika terlalu banyak, Zat Purin tertumpuk pada persendian dan tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal.
Zat purin banyak terdapat pada :
Jeroan hewan, Seafood(udang, cumi, kerang, dll), kacang-kacangan, keju, telur, gorengan, bebek, kambing, abon, dan masih banyak lagi.


  • Pantangan ketika terkena Asam urat
- Jangan terlalu lelah,
- Kurangi makanan kaya protein dan lemak,
- Jangan minum aspirin,
- Kurangi berat badan (pada yang gemuk),
- Hindari makanan penyebab asam urat (ada diatas)


  • Cara mengobati Asam Urat secara ALAMI!
1. Pada pagi hari, minumlah air perasan lemon dicampur dengan Madu, dilarutkan dengan air hangat. Dan minum pada saat perut kosong.



 2. Konsumsi Buah Cerry
Buah cerry memiliki nutrisi dan kalium yang berfunsi meredakan nyeri pada asam urat. Selain itu, buah Cerry dapat menyeimbangkan tingkat keasaman yang disebabkan oleh asam urat. Buah Cerry juga dapat melancarkan pembuangan Asam melalui keringat dan urin oleh ginjal.



3. Perbanyak konsumsi produk bersifat 'BASA'
Contoh seperti sayuran segar, buah-buahan segar yang berair, serta biji-bijian rendah lemak. Karena produk tersebut dapat menetralkan asam tubuh.

4. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi.
Contohnya adalah  kentang, yogurt, dan pisang.


5. Daun Kumis Kucing dan Daun salam.
 Kedua tumbuhan ini kaya akan Tannin, Flavonoid, Minyak Atsiri, dan Alkaloid, yang berfungsi membersihkan asam urat pada persendian.



6. Perbanyak air putih.
Tentunya dengan perbanyak air putih, tubuh akan secara otomatis mendorong ginjal untuk menyaring dan mengeluarkan asam urat.



Demikian info mengenai asam urat dan cara mengobatinya. Tentunya lebih baik dicegah dengan konsumsi makanan yang sehat dan juga olahraga secara teratur pada pagi hari, agar semua fungsi organ dan sendi tubuh bermanfaat dengan baik.




Semoga bermanfaat!
Keep share!


By:
Klinik Sinshe Phan, Spesialis Tumor, Kanker, Liver, dan berbagai penyakit dalam.
Alamat : Bandung, Ruko Mall Trade Center (MTC) Blok D no. 9.
Jakarta, Perumahan Gading Arcadia blok Q no. 51-52
Telp : Jakarta = 021-4606572, 021-4606573, 021-4606576. Bandung = 022-7537677. 022-7537677 
Pin BB(Khusus konsultasi) : 2B1D8333

No comments:

Post a Comment